Beberapa Pilihan Wisata Air Terjun Di Lombok

Pulau Lombok merupakan salah satu Pulau yang memiliki kawasan pegunungan serta bukit. Tidak heran jika Pulau ini memiliki banyak sekali air terjun yang mempesona serta sangat indah. Air terjun di Lombok merupakan salah satu pilihan untuk memulai wisata di Pulau Lombok. Karena dengan berwisata ke air terjun anda dapat merasakan kenyamanan dan dapat menenangkan pikiran dengan melihat alam sekitar air terjun dan mendengar suara gemricik air terjun. Maka dari itu di bawah ini akan dibahas mengenai beberapa pilihan wisata air terjun di Lombok.

Pesona wisata air terjun di Lombok

1. Air terjun sendang gile

Air terjun sendang gile terletak di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut serta memiliki keringgian sekitar 31 meter. Dasar air sungai disini relatif datar sehingga banyak para wisatawan yang datang dan mandi atau bermain air di sini. Air terjun sendang gile mmeiliki dua tingkatan, tingkatan pertama muncul di atas tebing dan terjun atau jatuh ke kolam yang berada di bawahnya dan meluncur ke bawah dan membentuk tingkatan kedua meluncur ke sungai yang berada di bawah. Lokasi ini terletak di kawasan taman nasional gunung rinjani. Nama dari sendang gile sendiri konon penduduk setempat yang secara tidak sengaja menemukan air terjun di lombok ini kala memburu singa gila yang mengarah ke sebuah kampung dan lari ke hutan. Selain itu penduduk setempat juga meyakini jika air terjun ini mmeiliki unsur magis yaitu jika ada orang yang membasuh muka atau mandi maka akan membuat orang tersebut terlihat lebih muda. Lokasi air terjun ini terletak di desa senaru, kecamatan bayan kabupaten lombok utara, provinsi Nusa Tenggara Barat. Biaya yang dikenakan jika anda masuk ke area air terjun sendang gile hanya Rp. 5000 per orang.

2. Air terjun tiu pupas

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter dengan kedalaman mencapai 4m serta luasnya 100 meter persegi. Nama dari tiu pupas sendiri berarti tiu yang berarti genangan air dalam jumlah atau kapasitas yang besar atau banyak, dan pupas yang berarti akar yang tumbuh dari sebatang pohon uang hidup di tebing-tebing sungai dan hidup di daerah pegunungan yang bersuhu dingin. Air terjun tiu pupas terletak di dusun kerurak, desa genggaleng, kecamatan gangga, kabupaten Lombok Utara, provinsi Nusa Tenggara Barat. Disini belum ada biaya atau tiket untuk amsuk, sehingga tidak ada fasilitas dan akomodasi yang tersedia pula. Dari lokasi parkir, anda masih ahrus berjalan kaki menyusuri jalan setapak, perkampungan, hutan lindung hingga sampai di air terjun tiu pupas ini selama 15 menit. Lelah yang anda rasakan selama perjalanan akan terbayar jika sudah melihat salah satu air terjun di Lombok ini.

3. Air terjun tiu kelep

Air terjun di Lombok yang bernama air terjun tiu kelep ini memiliki ketinggian sekitar 42 meter serta bertingkat-tingkat. Air yang mengalir cukup deras dan memiliki sungai di bawahnya yang tidak terlalu dalam hanya sepinggang orang dewasa. Memiliki dasar sungai yang datar membuat para pengunjung dapat bermain air, berenang atau mandi di sini. Boleh percaya boleh tidak, konon juga jika anda berenang disini anda akan terlihat awet muda. Menurut bahasa sasak tiu berarti kolam sedangkan kelep berarti terbang. Yang jika diartikan merupakan kolam tempat buih-buih air beterbangan. Dan pada saat-saat tertentu butitan air yang beterbangan tersebut akan memunculkan pelangi. Lokasi dari air terjun tiu kelep ini berada di desa senaru, kecamatan bayan, kabupaten Lombok Utara, provinsi Nusa Tenggara Barat. Tiket masuk yang harus dibayarkan oleh pengunjung adalah Rp. 5000 per orang.

4. Air terjun batara lejang

Air terjun ini berada di hulu atas dan terdapat dua air terjun dibawahnya yaitu air terjun sendang gile serta air terjun tiu kelep. Air terjun batara lejang masih berada di kawasan taman nasional gunung rinjani. Salah satu air terjun di Lombok ini memang tidak setinggi dan seindah dari air terjun yang berada di bawahnya yaitu air terjun sendang gile serta air terjun tiu kelep. Tetapi air terjun ini lenih besar dibanding kedua saudaranya serta masih sangat alami mkarena belum banyak wisatawan yang mendatangi air terjun ini. Terletak di desa senaru, kecamatan bayan, kabupaten Lombok Utara, provinsi Nusa Tenggara Barat ini memiliki keunikan yaitu terdapat air panas yang sangat jernih.

5. Air terjun tiu teja

Air terjun tiu teja memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan lebar 10 meter yang dikelilingi oleh pohon yang asri dan cukup lebat. Terdapat pula kolam atau sungai yang berada di bawah air terjun dengan kedalaman 1,2 meter sehingga sangat aman untuk bermain air atau berenang di sini. Jika anda mengunjungi air terjun ini tidak usah khawatir mengenai biaya, karena tidak ada biaya yang dikenakan jika akan memasuki kawasan air terjun ini. Terletak di desa santong, kecamatan kayangan, kabupaten Lombok Utara, provinsi Nusa Tenggara Barat. Dalam bahasa sasak, teja berarti pelangi. Karena terdapat pembiasan cahaya disini yang berwarna warni yang menyerupai pelangi. Sehingga masyarakat menyebut air terjun di Lombok ini sebagai air terjun tiu teja.

Itulah beberapa air terjun yang berada di Lombok yang dapat menjadi referensi wisata bagi anda yang ingin mengunjungi Pulau Lombok. Semoga informasi ini dpaat bermanfaat bagi anda.